Cara Mengatasi Rambut Rontok

Posted on
  • by
  • in
  • Label:
  • Rambut rontok merupakan momok bagi setiap orang entah itu pria ataupun wanita. Karena jika rambut yang dimiliki menjadi rontok bisa menyebabkan kebotakan parah sehingga bisa membuat perubahan buruk pada penampilan seseorang baik pria ataupun wanita. Memang pada beberapa orang tidak begitu mempermasalahkan tentang rambut rontok karena beberapa di antara mereka kurang menyadari akan hal itu. Sehingga, beberapa saat kemudian, ketika rambut mereka mengalami kerontokan parah baru merasa bingung dan mencari cara mengatasinya.

    Bahkan banyak juga orang yang mengabaikan masalah rambut rontok meski sudah terhitung parah sehingga pada akhirnya mereka menyesal sendiri karena mengalami kebotakan. Untuk itu sebaiknya saat rambut kita rontok kita harus secepat kilat segera mengatasinya agar kita tidak mengalami kebotakan.

    Sebelum melanjutkan, perlu kita ketahui dulu penyebab rambut tersebut bisa rontok. Rambut rontok itu bisa terjadi karena faktor keturunan, hormon, usia, stres, gangguan kulit kepala ataupun penyakit serius. Penyebab yang lain bisa terjadi karena syok, melahirkan, mengkonsumsi obat berlebihan, terkena bahan kimia yang merugikan, pola makan yang salah dan kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab rontoknya rambut seseorang. Sehingga kita harus hati-hati dan menghindari penyebabnya selama penyebab itu bisa kita hindari.

    Cara mengatasi rambut rontok

    Setelah semua penjelasan diatas, selanjutnya adalah cara mengatasi rambut rontok. Untuk mengatasi rambut rontok, Ada beberapa cara yang bisa di lakukan. Anda bisa memilih salah satu cara yang menurut anda bisa dikatakan mudah. Tidak perlu menunggu lama, berikut cara-cara untuk mengatasi rambut rontok.

    Teh
    Mengatasi rambut rontok, bisa menggunakan teh. Caranya seduh teh menggunakan air panas. Setelah itu diamkan selama satu malam. Jika sudah, basuhkan pada kulit kepala sambil dipijit-pijit beberapa menit. Setelah itu lakukan keramas sampai rambut anda bersih.

    Alpukat
    Alpukat yang kaya akan asam lemak dan nutrisi bisa mengatasi masalah rambut rontok. Caranya, ambil daging buah alpukat yang sudah matang. Kemudian aduk-aduk sampai halus sampai seperti eek bayi. Jika sudah, usapkan pada rambut sampai kulit kepala. Setelah itu, diamkan selama setengah jam lalu bersihkan.

    Kemiri
    Buah kemiri atau lebih pantas jika di sebut bumbu kemiri juga bisa di gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan minyak yang ada pada kemiri, sangat bagus untuk kesehatan rambut. Caranya penggunaannya cukup mudah, yaitu kemiri di tumbuk kasar lalu di sangrai. Setelah itu, tumbuk kemiri sampai halus dan mengeluarkan minyak. Usapkan minyak tersebut pada rambut anda sampai merata.

    Telur
    Menggunakan telur sebagai bahan untuk mengatasi rambut rontok. Caranya, ambil telur kemudian kocok dalam gelas. Setelah itu, usapkan pada rambut dan diamkan selama setengah jam. Untuk menghilangkan bau amis, campurkan air perasan dari jeruk nipis.

    Bawang merah
    Rambut rontok bisa juga di atasi dengan menggunakan bawang merah. Caranya, ambil bawang merah kemudian potong menjadi dua bagian. Setelah itu usapkan pada rambut sampai rambut anda terlihat basah. Atau yang lebih bagus lagi tumbuk bawang tersebut kemudian ambil airnya dan usapkan pada rambut sampai merata. Lakukan cara ini sebelum anda tidur dan esok harinya cuci rambut sampai bersih. Jadi jika anda memilih cara ini, bawang yang anda butuhkan tidaklah sedikit.

    Tidur yang teratur
    Cara mengatasi kerontokan rambut dengan tidur yang cukup juga teratur. Tapi bukan hanya itu saja, sebaiknya seimbangi dengan memperbanyak makan buah-buahan juga sayur-sayuran.

    Shampo
    Cara mengatasi rambut rontok yang lain bisa juga dengan keramas memakai shampo yang cocok dan setelah itu kulit kepala di pijit-pijit beberapa menit sehingga bisa mengaktifkan kelenjar minyak dan memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan akibatnya rambut menjadi lebih sehat.

    Santan
    Untuk masalah rambut rontok bisa di atasi dengan mengusapkan santan ke rambut hingga kulit kepala sampai merata lalu di pijat-pijat selama beberapa menit.

    Pisang, madu, dan susu
    Siapkan pisang, madu, dan juga susu rendah lemak. Buat ketiga bahan tadi menjadi 1 gelas jus. Minum setiap hari karena nutrisi yang terkandung sangat bagus untuk rambut.

    Kurangi penggunaan hair dryer
    Hindari alat-alat rambut yang bersuhu panas seperti hair dryer dan sejenisnya. Atau stidaknya kurangi pemakaian alat-alat semacam itu. Karena dengan sering memakai alat rambut seperti yang di sebutkan, maka rambut akan menjadi rapuh dan mudah patah.



    Artikel Terkait:

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    0 komentar:

     
    Copyright (c) 2012 Blogger templates
    Sponsored by : siniput.